Pengertian arsitektur komputer adalah
dapat dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus sebagai suatu seni mengenai cara
interkoneksi antara berbagai komponen perangkat keras atau hardware untuk dapat
menciptakan sebuah komputer yang dapat memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja,
dan juga target biayanya.
Dalam bidang teknik komputer, definisi arsitektur
komputer adalah suatu konsep perencanaan dan juga struktur pengoperasian dasar
dari suatu sistem komputer atau ilmu yang bertujuan untuk perancangan sistem
komputer.
Arsitektur von Neumann (atau Mesin Von Neumann) adalah
arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann [1903 – 1957]. Arsitektur ini
digunakan oleh hampir pada semua komputer pada saat ini. Arsitektur Von Neumann
ini menggambarkan komputer dengan 4 (empat) bagian utama, yaitu: Unit
Aritmatika & Logis (ALU), unit kontrol, memori, & alat masukan &
hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian tersebut dihubungkan oleh berkas
kawat, “bus”.
3 sub-kategori arsitektur komputer
Arsitektur komputer ini mengandung 3 (tiga)
sub-kategori, diantaranya meliputi:
- Set intruksi (ISA).
- Arsitektur mikro dari ISA, dan juga
- Sistem desain dari semua atau seluruh komponen dalam perangkat keras (hardware) komputer ini.
Arsitektur Komputer yaitu desain komputer yang
meliputi:
- Set instruksi.
- Komponen hardware (perangkat keras).
- Organisasi atau susunan sistemnya.
2 bagian utama arsitektur komputer
Terdapat 2 (dua) bagian pokok arsitektur komputer:
- Instructure Set Architecture, adalah spesifikasi yang menentukan bagaimana programmer bahasa mesin berinteraksi dengan komputer.
- Hardware System Architacture yaitu subsistem hardware (perangkat keras) dasar yaitu CPU, Memori, serta OS.
Inilah cara melakukan perubahan pada
arsitektur komputer
Cara-cara untuk melakukan perubahan pada arsitektur,
yaitu seperti:
- Membangun array prosesor.
- Menerapkan proses pipelining.
- Membangun komputer multiprosesor.
- Membangun komputer dengan arsitektur yang lain.
Berikut ini mengukur kualitas dari
arsitektur komputer
Terdapat beberapa atribut yang dipakai untuk mengukur
kualitas komputer, diantaranya :
- Generalitas.
- Applicability (Daya Terap).
- Efesiensi.
- Kemudahan Penggunaan atau pemakaian.
- Daya Tempa (Maleability).
- Dan daya Kembang (Expandibility).
Dan inilah faktor yang
berpengaruh pada keberhasilan Arsitektur Komputer
Terdapat faator-faktor yang dapat berpengaruh pada
keberhasilan arsitektur komputer, 3 (tiga) diantaranya adalah:
1. Yang pertama manfaat Arsitektural
diantaranya yaitu:
- Aplicability.
- Maleability.
- Expandibility.
- Comptible.
2. Kinerja Sistem.
Yaitu untuk mengukur kinerja dari sistem, ada
serangkaian program yang standard yang dijalankan yang dapat di sebut Benchmark
pada komputer yang akan diuji ukuran kinerja CPU:
- MIPS (Million Instruction PerSecond)
- MFLOP (Million Floating Point PerSecond)
- VUP (VAX Unit of Performance)
Ukuran Kinerja I/O sistem:
- Sistem Operasi Bandwith
- Operasi I/O Perdetik
Ukuran Kinerja Memori:
- Memoy Bandwith.
- Waktu Akses Memori.
- Ukuran Memori.
3. Biaya Sistem, Biaya dapat diukur dalam banyak cara
diantaranya, yaitu :
- Reliabilitas.
- Kemudahan Perbaikan.
- Konsumsi daya.
- Berat.
- Kekebalan.
- Interface Sistem Software.
Arsitektur komputer merupakan suatu hal yang sangatlah
penting karena dapat memberikan berbagai atribut-atribut pada sistem komputer,
hal tersebuti tentunya sangat dibutuhkan bagi perancang ataupun user software
sistem dalam mengembangkan suatu program.
Refrensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar