Perdangan Electronik.
Perdagangan melalui
jaringan elektronik sebagai penggunaan computer untuk memudahkan semua operasi
perusahaan. Keuangan berhubungan dengan pemegang saham dan pemilik serta
pelanggan perusahaan. Sumber daya manusia memiliki perhatian khusus pada
masyarakat global dan serikat buruh. Jasa informasi berhubungan dengan pemasok
perangkat keras dan perangkat lunak. Manufaktur berhubungan dengan pemasok
perusahaan dan serikat buruh. Pemasaran terutama bertanggung jawab untuk
berhubungan dengan pelanggan dan pesaing perusahaan. Semua area itu berhubungan
dengan pemerintah. Transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan, sistem
berbasis komputer, dan jaringan internet.
Manfaat perdagangan melalui jaringan elektronik :
–
Pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan
–
Hubungan antara pembeli dan pemasok
tercipta dengan baik
–
Pengembalian atas investasi pemegang
saham, dan pemilik yang meningkat
–
Perusahaan-perusahaan ikut serta dalam
perdagangan melalui jaringan elektronik untuk mencapai perbaikan di seluruh
organisasi.
–
Manfaat berkontribusi pada stabilitas
keuangan perusahaan dan memungkinkannya untuk bersaing lebih baik dalam dunia
bisnis yang semakin terikat untuk menggunakan teknologi computer.
Kendala perdagangan melalui jaringan elekronik
–
Biaya yang dikeluarkan sangat tinggi
–
Masalah keamanan kurang terjamin
–
Banyak perangkat lunak yang kurang memadai
atau bahkan tidak tersedia
–
Perusahaan – perusahaan yang telah
memiliki system terutama menggunakannya untuk transaksi antara pengguna dengan
pemasok
–
serta proses-proses utama yang berhubungan
dengan pesanan pembelian, transfer, serta faktur.
Jalan menuju perdagangan melalui jalur elektronik
- Mengumpulkan intelijen bisnis
- System Antar Organisasi (IOS) dimana didalamnya terdapat EDI
- Membuat metodologi yang tersedia mencakup daur hidup system dan peranvangan ulang proses bisnis
- Menggunakan teknologi yang tersedia dengan sambungan langsung, jaringan nilai tambah dan internet
Membentuk suatu sistem
antar-organisasi (IOS).Secara garis besar dapat digambarkan seperti ini Rencana
bisnis strategis untuk mewujudkan komitmen untuk menggunakan perdagangan
melalui jaringan elektronik untuk mencapai keunggulan strategis. Perusahaan
pertama-tama mengumpulkan intelijen bisnis sehingga dapat memahami peran
potensial yang akan dimainkan tiap elemen lingkungan. Saat
perusahaan-perusahaan saling berinteraksi, langkah selanjutnya adalah membentuk
suatu system antar organisasi (IOS) melalui pertukaran data elektronik (EDI)
atau suatu ekstranet. Ekstranet adalah suatu jenis khusus system internet yang
menggunakan browser halaman Web dan server web standar, seperti system internet
tradisional, tetapi sejumlah kecil entitas luar yang dipercaya diberikan akses
ke data dan aplikasi sensitive milik perusahaan. IOS dicapai dengan mengikuti
siklus hidup system atau melakukan rancang ulang proses bisnis (BPR). Hasilnya
adlah system berorientasi jaringan yang menggunakan sambungan langsung,
jaringan bernilai tambah, internet, atau kombinasinya.
Strategi Perdagangan
Melalui Jaringan Elektronik
Untuk tiap masalah, ada beberapa
kemungkinan solusi, dan situasi ini dapat diterapkan untuk permasalahan
menentukan strategi terbaik perdagangan melalui jaringan elektronik. Namun
strategi yang paling penting disebut adalah strategi yang elemen-elemennya
dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Nama yang diberikan untuk strategi
ini adalah sistem antar organisasi (IOS). Istilah lain adalah EDI yang
berarti pertukaran data elektronik. Kedua istilah tersebut sering
dipergunakan bergantian, tetapi jika dibuat suatu pebedaan, EDI dianggap subset
dari IOS. Pertukaran data elektronik adalah suatu cara untuk mencapai
sistem antar-organisasi.
A. System antar organisasi
IOS (Interorganizational system),
disebut sistem informasi antar organisasi, adalah suatu kombinasi
perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai suatu
sistem tunggal; yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
Perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra
bisnis.
- Manfaat IOS
Para mitra dagang ikut dalam IOS dengan harapan
memperoleh manfaat tertentu. Manfaat itu terbagi dalam dua kategori –
efisiensi komparatif dan kekuatan tawar menawar.
- Efisiensi Komparatif
Dengan bergabung dalam IOS, para mitra
dagang dapat menyediakan barang dan jasa mereka dengan biaya yang lebih murah
daripada pesaing. Perbaikan dalam efisiensi ini dapat berasal dari dalam
dan berkaitan dengan organisasi lain.
- Efisiensi internal
Terdiri dari perbaikan-perbaikan dalam
operasi perusahaan itu sendiri, sehingga memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan
data lebih cepat, menganalisisnya lebih cepat, dan membuat keputusan lebih
cepat.
- Efisiensi antar organisasi
Mencakup perbaikan-perbaikan yang
diperoleh melalui kerjasama dengan perusahaan lain. Perbaikan ini
memungkinkan perusahaan untuk menawarkan lebih banyak barang dan jasa, melayani
lebih banyak pelanggan, memindahkan pekerjaan tertentu ke pelosok atau
pelanggan, serta lebih mudah mengumpulkan data lingkungan.
2. Kekuatan tawar
menawar
Kemampuan suatu perusahaan untuk
menyelesaikan perselisihan dengan pemasok dan pelanggannya yang menguntungkan
dirinya disebut kekuatan tawar menawar (bargaining power).
Kekuatan itu berasal dari 3 metode dasar
1. Keistimewaan produk yang unik;
pemesanan lebih mudah, pengiriman yang lebih cepat, waktu respon atas
permintaan informasi yang lebih cepat.
2. Penurunan biaya yang
berhubungan dengan pencarian; mengurangi biaya belanja dalam mencari
pemasok, dapat mengidentifikasi produk alternative dengan mendapatkan harga
yang terendah.
3. Peningkatan biaya peralihan;
perusahaan ingin jika pelanggan beralih ke pesaing maka biaya peralihannya
menjadi mahal. Ketergantungan produk satu dengan yang lainnya sangat tinggi.
B. Pertukaran Data
Elektronik (EDI)
Pertukaran data elektronik (EDI) adalah transmisi
data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsung dari
komputer ke komputer diantara beberapa perusahaan. Transmisi
tersebut memungkinkan data ditransmisikan dan diterima tanpa pengetikan ulang.
- Hubungan EDI yang umum
Membentuk kaitan antara perusahaan dan
pemasoknya (supply side) dan kaitan antara perusahaan dengan pelanggan
(customer side)
Set transaksi adalah suatu jenis dokumen tertentu seperti faktur.
EDI memungkinkan terjadinya Pengisian Kembali Persediaan oleh Penjual dan Transfer Dana secara Elektronik.
Set transaksi adalah suatu jenis dokumen tertentu seperti faktur.
EDI memungkinkan terjadinya Pengisian Kembali Persediaan oleh Penjual dan Transfer Dana secara Elektronik.
- Standar EDI
Standar yang digunakan di Amerika Utara
dinamakan ANSI ASC X12. Standar Internasional dinamakan EDIFACT.
- Tingkat penerapan EDI
Tiga tingkat penggunaan yang berbeda,
yaitu :
1. Pemakai tingkat satu, hanya satu atau
dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
2. Pemakai tingkat dua, banyak set
transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang, melampaui lini
industri.
3. Pemakai tingkat tiga, bukan Cuma banyak
set transaksi yang ditransmisikan ke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi
computer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.
Tujuan tingkat satu dan dua adalah mengubah dokumen kertas menjadi elektronik.
Pengaruh Penerapan EDI :
Tujuan tingkat satu dan dua adalah mengubah dokumen kertas menjadi elektronik.
Pengaruh Penerapan EDI :
–
Tekanan Pesaing
–
Kekuasaan yang dilaksanakan
–
Kebutuhan Intern
–
Dukungan manajemen puncak
- Manfaat EDI.
Beberapa manfaat EDI langsung berasal dari
teknologi. Ini adalah manfaat langsung dari pengurangan kesalahan,
pengurangan biaya, dan peningkatan efisiensi operasional. Manfaat lain di
hasilkan oleh manfaat langsung. Ini adalah manfaat tidak langsung dari
peningkatan kemampuan bersaing, hubungan dengan mitra dagang yang lebih baik,
dan pelayanan pelanggan yang lebih baik.
C. Teknologi Perdagangan
Melalui Jaringan Elektronik
Pilihan Teknologi :
1) Sambungan
Langsung (direct connectivity), bekerja sama dengan penyedia jasa
telekomunikasi
2) Jaringan
Bernilai Tambah ( value-added network), jaringan ini disediakan oleh penjual
yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang
diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
3) Internet,
memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan
para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.
Refrensi
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar