TREND SIST / TI MASA DEPAN
API (Application Programming
Interface) adalah kumpulan perintah, fungsi, dan protokol yang dapat
digunain oleh programmer saat membuat perangkat lunak untuk sistem operasi
tertentu. API adalah sebuah bahasa dan format pesan yang digunain program
aplikasi untuk berkomunikasi dengan system operasi seperti system manajemen
database (DBMS) atau komunikasi protocol. API diimplementasikan
dengan menulis fungsi panggilan atau sintaks dalam program, yang menyediakan
sarana yang diperlukan untuk meminta layanan program.
Keuntungan memprogram dengan menggunakan
API adalah:
- Portabilitas. Programmer yang gunain API dapat
menjalankan programnya dalam sistem operasi mana saja asal sudah ter- install
API-nya. Sedangkan system call beda antar sistem operasi, dengan catatan dalam
implementasiinya mungkin saja berbeda.
- Lebih Mudah Dimengerti. API menggunakan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti daripada bahasa system call.
- Lebih Mudah Dimengerti. API menggunakan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti daripada bahasa system call.
PEMASARAN DIMENSI
Untuk memahami sistem informasi, harus memahami organisasi,
manajemen, dan dimensi teknologi informasi dari sistem lebih luas dan
kekuasaannya untuk memberikan solusi terhadap tantangan dan masalah dalam area
bisnis. Dilihat pemahaman yang lebih luas tentang sistem informasi,
yang meliputi pemahaman tentang dimensi manajemen dan organisasi dari sistem
serta dimensi sistem teknis, sebagai literasi sistem informasi. Literasi
komputer, sebaliknya berfokus terutama pada pengetahuan tentang teknologi
informasi.
SISTEM
INFORMASI ADALAH LEBIH DARI SEBUAH KOMPUTER
Organisasi
Organisasi memiliki strukturnya yang terdiri dari berbagai
tingkat dan spesialisasi. Struktur mengungkapkan pembagian kerja yang jelas.
Wewenang dan tanggung jawab dalam bisnis perusahaan sebagai hirarki, atau
struktur piramida.
LEVEL
DI PERUSAHAAN
Para ahli dipekerjakan dan dilatih untuk bisnis yang
berbeda. Fungsi bisnis utama, atau tugas-tugas khusus yang dilakuin oleh bisnis
organisasi, terdiri dari penjualan dan pemasaran, manufaktur dan produksi,
keuangan dan akuntansi, dan sumber daya manusia (lihat Tabel 1).
FUNGSI
BISNIS UTAMA
Sebuah organisasi pekerjaan melalui hirarki dan melalui
proses bisnis, yang merupakan tugas secara logis terkait dan perilaku untuk
mencapai kerja. Kembangin produk baru, memenuhi pesanan, dan mempekerjakan
karyawan baru adalah contoh dari proses bisnis.
Manajemen
Tugas manajemen adalah memberikan masukan dari situasi yang
dihadapi oleh organisasi, membuat keputusan, dan merumuskan rencana tindakan
untuk memecahkan masalah organisasional.
Teknologi
Informasi
Teknologi informasi merupakan salah satu alat yang digunain
manajer untuk mengatasi perubahan. Perangkat keras komputer adalah peralatan
fisik yang digunain untuk input, proses, dan output dalam suatu sistem
informasi. Ini terdiri dari: komputer dari berbagai ukuran dan bentuk (termasuk
perangkat genggam ponsel), berbagai masukan, output, dan perangkat penyimpanan,
dan perangkat telekomunikasi yang terhubung secara bersama-sama .
ROBOT
MANUSIA
Robot humanoid merupakan alat mekanik yang struktur bentuknya mirip dengan tubuh manusia. Alat ini dibuat dan terus dikembangin dari tahun ke tahun dan difungsiin sebagai objek penelitian pada beberapa bidang ilmu. ini perlu diketahui struktur dan pola gerak manusia, namun alat ini juga memiliki fungsi lain yaitu dikembangin dengan tujuan agar bisa berinteraksi dengan manusia.
Perkembangan
dunia robot terus melaju dan melahirkan inovasi-inovasi baru, tidak hanya
muncul pada film-film fiksi ilmiah alat mekanik ini kini sudah diproduksi dan
jadi bagian dari industri teknologi. Ada beberapa jenis yang umum dikenal,
pertama jenis yang memiliki roda sebagai penggerak. Biasanya fungsinya mindahin
suatu barang ke barang lain dan sering disebut sebagai robot mobile.
PEKERJA
TEKNOLOGI INFORMASI BAGI MASA DEPAN DAMPAK POSITIF KEMAJUAN TEKNOLOGI INFORMASI
Perkembangan
teknologi juga dapat bisa jadi dampak positif dan dampak negatif, hal ini
dilihat dari berbagai bidang yaitu:
1) Bidang
politik
· Timbulnya
kelas menengah baru Pertumbuhan teknologi dan ekonomi di kawasan ini akan
mendorong munculnya kelas menengah baru. Kemampuan, keterampilan serta gaya
hidup mereka sudah tidak beda dengan kelas menengah di negara-negera Barat.
· Proses
regenerasi kepemimpinan.Sudah barang tentu peralihan generasi kepemimpinan ini
akan berdampak dalam gaya dan substansi politik yang diterapkan. Nafas
kebebasan dan persamaan semakin kental.
2) Bidang
Informasi dan komunikasi
· Kita
akan lebih cepat ngedapetin informasi-informasi yang akurat dan
terbaru di bumi bagian manapun melalui internet.
· Kita
mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah. Dan lain-lain
3) Bidang
Ekonomi dan Industri
· Pertumbuhan
ekonomi yang semakin tinggi
· Terjadinya
industrialisasi.
· Produktifitas
dunia industri semakin meningkat
4) Bidang Sosial dan Budaya
· Bedanya
kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin
besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia
pemerintahan maupun dalam dunia bisnis.
· Tekanan,
kompetisi yang tajam di pelajari aspek kehidupan sebagai konsekuensi
globalisasi, akan melahirin generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.
5) Bidang
Pendidikan
· Munculnya
media massa, khususnya di elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan.
Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan
· Sistem
pembelajaran tidak harus melalui tatap muka.
TREND SIS / TI DALAM BIDANG BISNIS
TUJUAN
BISNIS
Pengertian
bisnis
Bisnis
adalah usaha perdagangan yang dilakuin oleh sekelompok orang yang terorganisasi
untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk
memenuhi kebutuhan konsumen .
Usahawan
atau pelaku bisnis harus mampu memadukan 4 macam sumber daya yaitu :
1. Sumber daya
Materi
2. Sumber daya
Manusia
3. Sumber daya
Keuangan
4. Sumber daya
Informasi
Perusahaan barsifat dinamis mengalami kemajuan dan kemunduran pada saat bergerak melalui siklus hidupnya. Perubahan atas kondisi ekonomi dan pasar memerlukan pemikiran kembali atas strategi perusahaan metode dan sarana yang digunakan untuk menghadapinya.
Tujuan
Bisnis
Setiap bisnis atau perusahaan berusaha ngolah bahan untuk
dijadiin produk yang dibutuhkan oleh konsumen, produk dapat berupa barang atau
jasa.Tujuannya adalah unruk mendapatkan laba, yakni imbalan yang diperoleh oleh
perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi konsumen.
TEKNOLOLOGI INFORMASI
DAN DUNIA BISNIS
Seiring
dengan kemajuan teknologi, hal tersebut banyak manfaat yang sangat berguna bagi
kemajuan dan kesejahteraan kehidupan manusia. Salah satu bukti nyata tentang
kemajuan teknologi sangat terasa di bidang IT atau teknologi informasi. Berikut
ini adalah beberapa kegunaan IT dalam bidang bisnis :
- Munculnya peluang bisnis baru yakni E-Business.
- Munculnya peluang bisnis baru yakni E-Business.
Google merupakan salah satu contoh dari E-Commerce atau E-Business. E-Business merangkap berbagai hal seperti teknologi jaringan, lowongan pekerjaan, layanan customer, dll. Google merupakan sebuah bukti nyata dimana search engine tersebut banyak digunakan oleh semua orang dan memudahkan semua orang dalam mencari sesuatu di internet.
- Memperluas Pangsa Pasar.
Salah satu manfaat IT dalam bidang bisnis adalah memperluas pangsa pasar. Dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi, para pelaku bisnis dapat memantau beberapa daerah yang berprofit tinggi dan bisa dijadikan lahan untuk meraup keuntungan demi keberlangsungan bisnis yang mereka lakuin. Contohnya, Indonesia merupakan sebuah negara yang terdiri dari SDM yang mencapai angka ratusan juta. Hal ini menarik para pelaku bisnis besar untuk memproduksikan bisnisnya ke Indonesia. Hal tersebut menjadi salah satu contoh dalam upaya para pelaku bisnis dalam memperluas usaha bisnisnya.
- Mengurangi biaya produksi dan operasional.
Kemajuan teknologi dapat bantu setiap perusahaan dalam mengurangi biaya produksi dan juga mengurangi operasional. Hal tersebut bisa terlihat dari setiap perusahaan yang menggunakan mesin dalam melakukan pekerjaannya.
PROSEDUR PENDIRIAN BISNIS,
KONTRAK KERJA, DAN PROSEDUR PENGADAAN
1. Tahapan pengurusan izin pendirian
2. Tahapan pengesahan menjadi badan
hukum
3. Tahapan penggolongan menurut
bidang yang dijalani
4. Tahapan mendapatkan pengakuan,
pengesahan dan izin dari departemen lain yang terkait
Kontrak Kerja
Kontrak kerja adalah suatu
perjanjian antara pekerja dan pengusaha secara lisan dan/atau tulisan, baik
untuk waktu tertentu maupun untuk waktu tidak tertentu yang memuat
syarat-syarat kerja, hak dan kewajiban.
Prosedur Pengadaan
Prosedur
pengadaan terdiri dari prosedur pengadaan tenaga kerja dan prosedur pengadaan
barang dan jasa.
A. Prosedur Pengadaan Tenaga Kerja
- Perencanaan
Tenaga Kerja.
Perencanaan
tenaga kerja adalah penentuan kuantitas dan kualitas tenaga kerja yang dibutuhkan
dan cara memenuhinya.
2. Penarikan
Tenaga Kerja
Penarikan
tenaga kerja diperoleh dari dua sumber, yaitu sumber internal dan sumber
eksternal. Sumber internal yaitu menarik tenaga kerja baru dari rekomendasi
karyawan lama dan nepotisme, berdasarkan sistem kekeluargaan, misalnya
mempekerjakan anak, adik, dan sebagainya
3. Seleksi Tenaga
Kerja
Ada
lima tahapan dalam menyeleksi tenaga kerja, yaitu seleksi administrasi, tes
kemampuan dan psikologi, wawancara, tes kesehatan dan referensi (pengecekan).
APLIKASI
BISNIS TEKNOLOGI INFORMASI
ASPEK
PEMASARAN
- Pengertian
Pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan pemasaran untuk jalanin bisnis
(profit/nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan jasa,
netapin harga, mendistribusikan, serta promosiin melalui proses pertukaran agar
memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
- Analisis
situasi pasar
- Perencanaan
Barang (Product)
Atribut
– atribut produk adalah sesuatu yang melengkapi manfaat utama produksi sehingga
mampu lebih memuaskan konsumen.
2. Penetapan Harga
(Price)
Harga
adalah nilai pertukaran atas manfaat produk (bagi konsumen maupun bagi
produsen) yang umumnya dinyatain dalam satuan moneter (rupiah, dollar, yen,
ruppe, dan sebagainya).
- Program
Promosi (Promotion)
Promosi
adalah pesan yang dipromosiin langsung kepada calon pembeli melalui berbagai
unsur yang terdapat dalam program promosi.
- Saluran
Distribusi (Place)
Salah
satu keputusan yang sangat penting sebelum memulai usaha adalah memilih lokasi
yang tepat dan strategis sebagai usaha.
- Segmentasi
pasar
Segmentasi
pasar adalah proses membagi – bagi pasar yang semula heterogen menjadi beberapa
kelompok pasar yang sekarang sikapnya lebih seragam. Tujuan segmentasi pasar
adalah untuk memperoleh bagian pasar yang mempunyai karakter dan perilaku yang
lebih seragam.
- Strategi
promosi
Promosi
adalah pesan yang dibicarakan langsung kepada calon pembeli melalui
berbagai unsur yang terdapat dalam program promosi. Kegiatan promosi dapat
berupa :
- Iklan (menginformasikan produk
pada masyarakat)
- Penjualan langsung (langsung ke
konsumen)
- Promosi penjualan (untuk
membeli lebih banyak produk)
- Hubungan masyarakat (citra baik
tentang produk
- Publikasi (promosi gratis)
PROSES DAN STRATEGI PENGEMBANGAN
BISNIS TEKNOLOGI INFORMASI
A. Dasar
Perencanaan
Proses
perencanaan dapat
dilaksanakan menyeluruh, misalnya dalam perencanaan korporat, perencanaan
strategis, atau perencanaan jangka panjang. Bisa juga dilakukan per divisi atau
unit bisnis stategis menjadi rencana divisi atau anak perusahaan tertentu di dalam
suatu korporasi yang lebih besar.
B. Tantangan Implementasi
Pada bahasan ini, kita membahas mengenai tantangan
implementasi bisnis kepada pengembangan system. Kata implementasi bermuara pada
aktivitas, adanya aksi, tindakan, atau mekanisme suatu sistem.
Masalah
yang dihadapi dalam implementasi tersebut biasanya adalah sebagai berikut :
1.
Pengguna tidak mengetahui kemampuan teknologi yang dapat digunain untuk bantu
proses bisnis yang dikerjakannya setiap hari, dan pada tahap analisa developer
juga tidak mengetahui benar-benar proses bisnis yang berlangsung atau juga
karena standard dari developer yang kurang dalam membuat program sehingga
program yang dihasilin adalah program yang baik.
2.
Kedua belah pihak tidak memahami asumsi dan ketergantungan yang ada dalam
system dan bisnis proses, sehingga pada tahap implementasi jika ada bagian dari
proses bisnis yang belum di cover oleh system dan kemudian dibuatkan fungsi
baru yang ternyata menimbulkan masalah.
3.
Dalam implementasi system terintegrasi, dimana pengguna tidak dapat menjadikan
implementasi sebagai prioritas pertama, dimana pengguna yang sudah disibukkan
dengan kegiatan operasional akan berpura-pura menyetujui, menjalankan dan
mengikutinya tetapi pada kenyataannya semuanya tidak berjalan sesuai dengan
harapan. Akan membutuhkan CETL yang lama jika dijadikan sebagai resource untuk
aplikasi BI.
C. Pengembangan Sistem
Bisnis
Sistem
Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dengan aktivitas
orang/user, yang menggunakan teknologi itu, untuk mendukung operasi dan
manajemen. Jadi, bisa dipastiin bahwa semua perusahaan butuh. Nah, ketika kita
membicarakan perusahaan, maka kita akan berbicara juga mengenai profit. Dan
manakala kita membicarakan profit, otomatis kita pasti akan juga membicarakan
manajemen. Karena dengan manajemen yang baik, pastinya akan menghasilkan profit
yang baik juga. Itulah peluang yang sangat besar jika kita mulai melihat
Pengembangan Sistem Informasi sebagai proyek bisnis kita kelak.
ATURAN E-BUSSINESS PADA BISNIS
· Komunikasi à adanya
fasilitas dan media yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi, layanan,
transaksi elektronik (pemesanan dan pembayaran secara elektronik) dan
perpindahan barang dari penjual ke pembeli.
· Komersial à adanya sistem
yang melaksanain transaksi online mulai dari promosi barang, pemesanan
barang, pembayaran dan pengiriman barang.
· Proses
bisnis àSetiap pelaku
e-Business yang ingin melalukan transaksi elektronik dan mendapatkan manfaat
semaksimal mungkin dari e-Business harus melakukan optimalisasi proses bisnis
internal dengan memanfaatkan teknologi informasi agar aliran informasi,
transaksi, maupun lama pengiriman barang menjadi dipersingkat, biaya transaksi
menjadi lebih ekonomis jika dibandingkan dengan perdagangan yang
dilakukan secara tradisional.
· Layanan à Bagi setiap
institusi yang menjadi pelaku e-Business, penggunaan teknologi informasi dan
internet seharusnya menjadikan layanan ke customer menjadi lebih baik, lebih
ekonomis, dan lebih terjangkau.
· Learning
à Untuk
meningkatkan awareness baik diantara pengguna maupun pelaku e-Business, proses
edukasi sangat penting agar semakin banyak anggota masyarakat yang menyadari
manfaat dan kelebihan dari transaksi online.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar