Kamis, 11 Oktober 2018

Sejarah Perkembangan Sistem Informasi


BAB I
Sejarah Perkembangan Sistem Informasi

A.                Sejarah SI
Pada tahun 1940 saat perang dunia ke 2 Sistem Informasi digunakan oleh militer untuk pengiriman dan penerimaan dokumen dokumen. Pengiriman dan penerimaan dokumen dokumen ini disimpan dalam bentuk magnetic tape.

B.                 Perkembangan Komputer

1.      Generasi Pertama(1945-1955)
Generasi awal ini adalah asal perkembangan system komputasi elektronik, dan sudah mengganti gagasan mesin komputasi mekanis. Didalam kehidupan manusia sangat perlu adanya perangkat komputasi agar bisa mengatasi mengatasi keterbatasannya dalam melakukan komputasi, contohnya yaitu:
§  Kecepatan dalam melakukan perhitungan manusia sangat terbatas
§  Manusia sangat gampang membuat kesalahan
Dari masalah diatas maka manusia mengupayakan untuk meningkatkan kemapuan perhitungan sejak awal peradaban manusia.
2.      Generasi Kedua(1955-1965)
Pada generasi kedua ini sudah mulai mengembangkan teknologi yang namanya ‘Batch Processing System’. Jadi pekerjaan-pekerjaan akan dikumpulkan dalam satu rangkaian selanjutnya system akan melakukan pengeksekusian secara parallel. Pada generasi ini juga masih belum ada yang namanya system operasi, namun beberapa fungsi seperti FMS(Fortran Monitoring System) dan IBSYS yang memberikan layanan perangkat keras yang merupakan satu fungsi dari system operasi modern. Pada tahun 1964, perusahaan IBM merilis computer keluarga yaitu system/360, dimana computer ini sudah kompatibel dengan dengan hardware yang merupakan salah satu bagian dari system operasi OS/360.
3.      Generasi Ketiga(1965-1980)
Perkembangan teknologi khususnya di bidang system informasi sangat pesat, dengan bukti adanya system operasi bagi pemakai yang sangat interaktif. User dengan user bisa berinteraksi langsung melalui computer secara online yang telah dihubungkan ke computer yang lain. Pada generasi ini juga sudah banyak teknologi yang bisa digunakan, contohnya yaitu:
§  Multiuser, artinya adalah bisa digunakan oleh banyak orang. Dengan adanya teknologi ini membuat user lebih mudah untuk berkomunikasi dengan user lain melalui computer.
§  Multiprogramming, artinya adalah bisa melakukan banyak program sekaligus pada waktu yang bersamaan. Teknik ini meningkatkan Utility pemroses dengan mengorganisasikan semua tugas, dalam hal ini pemroses selalu mempunyai satu tugas yang harus di eksekusi.
§  Timesharing, artinya adalah merupakan bagian dari multiprogramming dimana tiap pemakai satu terminal atau online.
§  Spooling, menciptakan peripheral seakan-akan dapat digunakan bersamaan sekaligus pada satu waktu yang sama, dan bisa diakses secara simultan, yaitu dengan cara mnyediakan beberapa partisi memori. Saat terdapat permintaan layanan tersebut system akan langsung menerima dan data disimpan terlebih dahulu didalam memori yang disediakan dan selanjutnya akan dilayani oleh peripheral.
4.      Generasi Keempat(1980-2000AN)
Pada generasi keempat ini system operasi tidak hanya digunakan untuk satu metode pengolahan saja namun tetapi telah ditunjukan untuk banyak mode pengolahgan, contohnya ialah mendukung batch processing, timesharing, networking dan realtime application. Pada generasi ini juga kenyamanan dalam mengoperasikan system computer sungguh penting, dan dengan adanya GUI(Graphical User Interface) juga pada generasi ini telah memberikan user interface yang sangat nyaman.
5.      Generasi Kelima(2000AN-Sekarang)
Pada generasi ini munculah computer-komputer modern seperti Laptop atau Notebook  

C.                Perangkat Lunak (software)

Software adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer.
Contoh aplikasi Software : Ms. Word ,Ms. Excel ,Photoshop ,Flash ,Mozilla FireFox , Winamp ,dll.
Secara garis besar perangkat lunak komputer juga masih dapat digolongkan menjadi 2 bagian, yaitu:
1). Sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
2). Sistem Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.
D.                Pemanfaatan Komputer dalam Pendidikan
Kemajuan teknologi modern khususnya yang berkaitan dengan kemajuan komputer, akhir-akhir ini merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pembaharuan tidak hanya dalam sektor bisnis, telekomunikasi, tetapi juga dalam dunia pendidikan. Dalam bidang pendidikan, pemerintah dan masyarakat umum telah memberikan perhatian yang mendalam tentang kemajuan teknologi modern ini. Sebab sangat disadari, peranan dan fungsi teknologi dalam kemajuan dunia pendidikan. Teknologi dapat membantu mencapai sasaran dan tujuan pendidikan sehingga proses belajar mengajar akan lebih berkesan dan bermakna.
Kemajuan teknologi modern dalam hubungannya dengan dunia pendidikan lebih dikenal dengan multimedia. Dalam hal ini multimedia dianggap sebagai media pengajaran dan pembelajaran yang berkesan berdasarkan keupayaannya menyentuh berbagai panca indra: penglihatan, pendengaran, dan sentuhan. Munir, (2001) mengemukakan bahwa multimedia adalah alat, metoda dan pendekatan yang digunakan untuk membuat komunikasi di antara guru dengan peserta didik selama proses pembelajaran menjadi lebih berkesan. Dalam hal ini Munir mengutif beberapa pendapat berkaitan dengan pengertian multimedia. Sebagaimana pendapat Furht (1996) mendefinisikan multimedia sebagai gabungan antara berbagai media: teks, grafik, animasi, gambar, dan video. Sedangkan Haffos (Feldman, 1994) mengartikan multimedia sebagai sistem komputer yang terdiri daripada hardware dan software yang memberikan kemudahan untuk menggabungkan gambar, video, fotografi, grafik, dan animasi dengan suara, teks, data yang dikendalikan dengan program komputer.
Sejalan dengan itu, Bairley (Munir, 2001) mengemukakan bahwa multimedia adalah teknologi baru yang dapat memberikan banyak manfaat ”pembangunan” kepada dunia pendidikan, yaitu manfaat dari proses belajar yang dilaksanakan dengan cara mengumpulkan bagian-bagian tertentu yang bermakna dari kehidupan peserta didik. Manfaat lain adalah peserta didik yang terlibat dalam proses belajar melalui program multimedia dapat mempelajari ilmu yang ada di dalamnya yang sesuai dengan minat, bakat, keperluan, pengetahuan dan emosinya.
Penggunaan multimedia dalam proses pembelajaran, tidak berarti merupakan penentu keberhasilan belajar, sebab banyak faktor lain yang turut menentukan keberhasilan proses belajar di antaranya adalah motivasi belajar, keadaan social.
ekonomi dan pendidikan keluarga, sistuasi pada asaat proses belajar, kurikulum dan guru. DeVoogd & Kritt (Munir, 2001) mengemukakan bahwa multimedia tidak mengajar sebab yang mengajar tetap saja guru. Dalam penggunaan media apabila seseorang pelajar faham dan terampil, maka aktivitas akan berjalan dengan baik dan berhasil menguasai bahan pelajaran dengan baik pula, sedangkan apabila sebaliknya maka media tersebut bukannya mempermudah bahkan mungkin akan menghambat keberhasilan.

Selain memiliki keistimewaan, pembelajaran berbantuan komputer menurut Nasution (1994) mempunyai sejumlah keuntungan, di antaranya adalah sebagai berikut.
1.    Komputer dapat membantu peserta didik dan guru dalam pembelajaran, karena komputer itu, ”sabar, cermat, mempunyai ingatan yang sempurna”. Komputer sesuai sekali untuk latihan dan remedial teaching, mengingat tak ada guru yang dapat memberikan latihan tanpa jemu-jemunya seperti komputer.
2.    Pembelajaran berbantuan komputer memiliki banyak kemampuan yang dapat dimanfaatkan segera seperti membuat hitungan atau mereproduksi grafik, gambar dan memberikan bermacam-macam informasi yang tak mungkin dikuasai oleh manusia mana pun.
3.    Pembelajaran berbantuan komputer sangat fleksibel dalam mengajar dan dapat diatur menurut keinginan perancang pengajaran atau penyusun kurikulum.
4.    Pembelajaran berbantuan komputer dan mengajar oleh guru dapat saling melengkapi. Apabila komputer tidak dapat menjawab pertanyaan peserta didik, dengan sendirinya guru akan menjawabnya. Ada kalanya komputer dapat memberi jawaban yang tak dapat dengan segera dijawab oleh guru.
BAB II
Perkembangan Perangkat Keras & Perangkat Lunak
A.                Pemahaman Komponen Perangkat Keras
Komponen Perangkat Input, Proses, Output, Penyimpanan, dan Komunikasi Komputer - Komputer merupakan sebuah alat yang sudah tidak asing lagi pada era modern sekarang, hampir seluruh masyarakat di dunia memiliki perangkat ini, dimana perangkat ini sangat membantu dan memudahkan dalam mengerjakan atau mengolah data dan kegiatan lainnya. dimana komputer ini harus terdiri dari 3 komponen penting yaitu Input, Proses, dan Output. Ketiga komponen tersebut sangatlah penting dalam menjalankan sebuah komputer, jika salah satu dari ketiga komponen tersebut tidak ada dalam komputer maka komputer tidak akan bisa digunakan atau dijalankan. Selain ketiga komponen tadi, ada juga ada komponen lainnya sebagai penambahan yaitu Penyimpanan dan Komunikasi dimana komponen ini juga diperlukan dalam mengoperasikan komputer.

Input

Input atau masukan berfungsi sebagai media masukan dari luar komputer ke dalam sistem komputer hingga dapat diproses. Perangkat Device dalam Input terdiri dari :
§  Keyboard
§  Mouse
§  Joystick
§  Track Ball
§  Light Pen
§  OCR Scanner
§  Image Scanner
§  Bar Code Reader
§  Digitizer
§  Touch Screen
§  Video Player
§  Kamera
§  Voice Recognition

Proses

Proses/memproses berfungsi sebagai mengolah data dari Input sebelumnya ( masukan ) kemudian diproses sesuai aplikasinya dan nantinya mengeluarkan ( Output ) berupa Informasi baik itu suara atau tampilan. Perangkat Device dalam Proses terdiri dari :
§  Processor
§  RAM ( Random Acces Memory )
§  Motherboard
§  VGA ( Video Graphic Array )

Output

Output/keluaran yaitu keluaran dari hasil Pemrosesan Input yang berupa tampilan ataupun Suara. Perangkat Device dalam Output terdiri dari :
§  Speaker
§  Printer
§  Monitor
§  Projektor

Penyimpanan

Media penyimpanan berfungsi sebagai menyimpan berbagai macam data-data yang nantinya data tersebut dapat disimpan dan dibaca di komputer. Perangkat Device dalam Penyimpanan terdiri dari :
§  Disket
§  Hardisk
§  Flashdisk
§  CD-ROM
§  Optical Disk
§  SSD
§  Magnetic Tape
§  Cartridge

Komunikasi

Media komunikasi merupakan komponen tambahan di dalam komputer yang fungsinya adalah untuk berkomunikasi ataupun mencari sebuah informasi dengan menggunakan komputer. Perangkat Device dalam Penyimpanan terdiri dari :
§  Network Card
§  Modem ( Modeulator Demodulator )
§  Midi Card
§  TV Card / TV Tunner
nah kira-kira itu dia pemaparan tentang Komponen Perangkat Input, Proses, Output, Penyimpanan, dan Komunikasi Komputer dimana pada tiap-tiap komponen terdiri dari berbagai macam alat yang nantinya dapat digunakan utuk menjalankan komputer.

B.                 Pemahaman Komponen Perangkat Lunak

Evolusi Perangkat Lunak

Setelah kita membahas rekayasa perangkat lunak, kita sedikit mundur, untuk membahas evolusi perangkat lunak.  Pengembangan perangkat lunak dapat dibagi menjadi 4 tahap, yaitu :
Tahap Pertama (1950 – 1960)
Evolusi perangkat lunak tahap pertama dimulai pada awal 1950-an sampai pertengahan 1960. Pengembangan perangkat lunak pada tahap pertama mempunyai ciri-ciri berorientasi batch, distribusi softwareterbatas untuk kalangan tertentu sehingga apabila ada perusahaan yang ingin dibuatkan software khusus harus memesan terlebih dahulu.
Tahap Kedua ( 1960 – 1970)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap Kedua dimulai pertengahan tahun 1960-an sampai awal tahun 1970-an.  Pengembangan perangkat lunak mempunyai ciri-ciri multi user.  Pengguna dari software sudah banyak dan bisa saling berbagi.   Ciri ini menunjukkan ada perkembangan baru yaitu interkasi manusia dan komputer (Human Computer Interaction).
Selain itu, ciri dari tahap kedua ini adalah real time. Real Time disini adalah suatu kondisi dimana sistem dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan data dari banyak sumber kemudian mengatur proses serta menghasilkan output yang diinginkan.  Dalam tahap ini, sudah banyak juga paket perangkat lunak yang beredar di pasaran serta muncul istilah database dalam perangkat lunak.
Tahap Ketiga (1970 – 1990)
Evolusi Perangkat Lunak tahap ketiga, dimulai pertengahan tahun  1970 sampai awal tahun 1990.  Pengembangan perangkat lunak sudah maju sedemikian pesat.  Perangkat lunak sudah menggunakan sistem terdistribusi, sehingga penyampaian informasi dari komputer sumber ke komputer tujuan akan terasa sangat cepat. Dalam era ini, perangkat keras dari suatu komputer harganya sangat murah.  Selain itu, pesanan perangkat lunak sudah sangat mendominasi dari penyelesaian suatu masalah sehingga penggunaan software pada masa itu sudah sedemikian jauh.
Tahap Keempat (1990 – 2000)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap Keempat dimulai tahun 1990 sampai tahun 2000. Pada tahap ini, perangkat lunak sudah mendominasi dari pengembangan perangkat keras, sehingga perangkat keras dalam hal ini komputer sangat dikendalikan oleh suatu sistem operasi.  TIngkat kecerdasan dari perangkat lunak semakin ditingkatkan sehingga perangkat lunak atau software dilatih mempunyai kecerdasan seperti yang dimilik manusia.  Terbukti dengan adanya penemuan kecerdasan buatan, jaringan syaraf tiruan, sistem pakar dan logika fuzzy. Jaringan komputer, pemrosesan komputer paralel sangat mendominasi pada era ini.  Dan, pada masa ini pula pemrograman sudah berorientasi obyek (OOP).
Klasifikasi Perangkat Lunak
1.         Perangkat Lunak Sistem
1.1       Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman Generasi Pertama Menggunakan Bahasa Mesin dengan suatu rangkaian angka 0 dan 1.
-Bahasa Pemrograman Generasi Kedua Menggunakan Bahasa rakitan (Assembler)
-Bahasa Pemrograman Generasi Ketiga Menggunakan Language translator, kompiler dan interpreter
Contoh : Basic, Pascal,Fortran,C++,Cobol
-Bahasa Pemrograman Generasi ke empat Bahasa Non prosedural yang memungkinkan seorang programmer menginstruksikan apa yang harus di lakukan komputer daripada bagaimana melakukannya
1.2       Sistem Operasi
A.Sistem Operasi Berbasis Teks
Sistem operasi ini adalah sistem operasi yang masih berbasis dos atau cmd, sistem operasi ini mulai berkembang pada generasi kedua dan dasar dari pembuatan sistem operasi ini menggunakan bahasa assembly.
Macam – Macam Sistem operasi berbasis teks :
-Windows 95,97 dan 98
-Ms-DOS V.205, Ms-DOS V.3.0, Ms-DOS V.3.2
-Ms-DOS V.3.3, Ms-DOS V.4.0, Ms-DOS V.5.0
Macam – Macam Perintah Sistem operasi berbasis teks :
DIR,COPY,DEL,REN,MOVE,MD,CD,RD DLL
 B.       Sistem Operasi Berbasis Grafis
Sistem operasi berbasis grafis atau biasa disebut GUI ini adalah sistem operasi yang sudah menggunakan grafi user interface untuk mempermudah user yang akan menggunakan nya, sistem operasi ini adalah pengembangan lanjut dari sistem operasi berbasis teks.
beberapa sistem operasi berbasis grafis antara lain :
-windows 2000, windows xp,windows vista, windows 7, windows 8 dll
-linux ubuntu 14.04, linux bactrack,linux mint dll
-Mac Os 10.10 El Capitan, Mac Os 10.12 Sierra dll

Utility
Adalah program bantu yang bermanfaat untuk melakukan kegiatan yang behubungan dengan sumber daya sistem. terdapat 2 macam utility yaitu:
-Utility Internal = utility yang terdapat di dalam os yang telah diinstall
-Utility eksternal = Utility External adalah utility yang bukan bawan Windows, harus menginstall terlebih dahulu.
Contoh dari Utility :
a. Back up
b. Character Map
c. Disk Cleanup
d. Disk Defragmenter
e. Files and Setting Transfer Wizard

f. Internet Explorerg. Scheduled Task
h. System Information
i. System Restore
2.         Perangkat Lunak Aplikasi
2.1       Aplikasi Office
Aplikasi office adalah perangkat lunak yang berguna untuk mengerjakan tugas tugas tugas yang berhubungan dengan presentasi, kata , angka bahkan yang berhubungan dengan database. ada berbagai macam aplikasi office seperti :
-Microsoft word
-Microsoft Excel
-Microsoft Powerpoint
-Microsoft Access
2.2       Aplikasi Multimedia
Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.
Macam – Macam aplikasi multimedia :
A.Media Player
Perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan atau memainkan audio atau video.
Contoh : Windows media player,winamp,real player, windows media classic
B.Audio/Video Editor
Perangkat lunak yang digunakan untuk memanipulasi atau mengedit informasi yang berupa video atau audio.
Contoh : adobe premiere pro, windows movie maker,gimp
C.Image viewer
Perangkat lunak yang digunakan untuk melihat informasi yang berupa gambar.
Contoh : acdsee,xnview
2.3       Aplikasi Internet
Aplikasi internet adalah suatu aplikasi yang berhubungan dengan jaringan dan digunakan untuk mencari suatu informasi lain nya.
-WWW
WWW (World Wide Web) yaitu dokumen-dokumen internet yang tersimpan di server-server yang ada di seluruh dunia. Dokumen web ini dibuat dengan memakai format HTML.
-E- Mail
E-mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet yang di prgunakan untuk komunikasi surat-menyurat dalam bentuk komunikasi elektronik. Ada situs yang memberikan layanan e-mail seperti yahoo! Dan Gmail,dan masih banyak lagi yang lainnya
-Ping
Ping adalah aplikasi internet atau juga bias di sebut Packet Internet Gopher yang sering dipakai untuk mengetaui apakah komputer yang anda pakai terhubung dengan komputer lain di internet.
-Mailing List
Mailing List atau Milis adalah sebuah aplikasi internet yang dipergunakan sebagai sarana komunikasi diskusi atau bertukar informasi dalam bentuk kelompok melalui e-mail.


http://dyhancrspo.blogspot.com/2016/09/sejarah-perkembangan-sistem-informasi.html
http://riosubektibelajar.blogspot.com/2018/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar