BAB I
Sejarah Perkembangan Sistem Informasi
A.
Sejarah
SI
Pada
tahun 1940 saat perang dunia ke 2 Sistem Informasi digunakan oleh militer untuk
pengiriman dan penerimaan dokumen dokumen. Pengiriman dan penerimaan dokumen
dokumen ini disimpan dalam bentuk magnetic tape.
B.
Perkembangan Komputer
1. Generasi
Pertama(1945-1955)
Generasi awal ini adalah
asal perkembangan system komputasi elektronik, dan sudah mengganti gagasan
mesin komputasi mekanis. Didalam kehidupan manusia sangat perlu adanya
perangkat komputasi agar bisa mengatasi mengatasi keterbatasannya dalam
melakukan komputasi, contohnya yaitu:
§ Kecepatan
dalam melakukan perhitungan manusia sangat terbatas
§ Manusia
sangat gampang membuat kesalahan
Dari masalah diatas maka
manusia mengupayakan untuk meningkatkan kemapuan perhitungan sejak awal
peradaban manusia.
2. Generasi
Kedua(1955-1965)
Pada generasi kedua ini
sudah mulai mengembangkan teknologi yang namanya ‘Batch Processing System’.
Jadi pekerjaan-pekerjaan akan dikumpulkan dalam satu rangkaian selanjutnya
system akan melakukan pengeksekusian secara parallel. Pada generasi ini juga
masih belum ada yang namanya system operasi, namun beberapa fungsi seperti
FMS(Fortran Monitoring System) dan IBSYS yang memberikan layanan perangkat
keras yang merupakan satu fungsi dari system operasi modern. Pada tahun 1964,
perusahaan IBM merilis computer keluarga yaitu system/360, dimana computer ini
sudah kompatibel dengan dengan hardware yang merupakan salah satu bagian dari
system operasi OS/360.
3. Generasi
Ketiga(1965-1980)
Perkembangan teknologi
khususnya di bidang system informasi sangat pesat, dengan bukti adanya system
operasi bagi pemakai yang sangat interaktif. User dengan user bisa berinteraksi
langsung melalui computer secara online yang telah dihubungkan ke computer yang
lain. Pada generasi ini juga sudah banyak teknologi yang bisa digunakan,
contohnya yaitu:
§ Multiuser,
artinya adalah bisa digunakan oleh banyak orang. Dengan adanya teknologi ini
membuat user lebih mudah untuk berkomunikasi dengan user lain melalui computer.
§ Multiprogramming,
artinya adalah bisa melakukan banyak program sekaligus pada waktu yang
bersamaan. Teknik ini meningkatkan Utility pemroses dengan mengorganisasikan
semua tugas, dalam hal ini pemroses selalu mempunyai satu tugas yang harus di
eksekusi.
§ Timesharing,
artinya adalah merupakan bagian dari multiprogramming dimana tiap pemakai satu
terminal atau online.
§ Spooling,
menciptakan peripheral seakan-akan dapat digunakan bersamaan sekaligus pada
satu waktu yang sama, dan bisa diakses secara simultan, yaitu dengan cara
mnyediakan beberapa partisi memori. Saat terdapat permintaan layanan tersebut
system akan langsung menerima dan data disimpan terlebih dahulu didalam memori
yang disediakan dan selanjutnya akan dilayani oleh peripheral.
4. Generasi
Keempat(1980-2000AN)
Pada generasi keempat ini
system operasi tidak hanya digunakan untuk satu metode pengolahan saja namun
tetapi telah ditunjukan untuk banyak mode pengolahgan, contohnya ialah
mendukung batch processing, timesharing, networking dan realtime application.
Pada generasi ini juga kenyamanan dalam mengoperasikan system computer sungguh
penting, dan dengan adanya GUI(Graphical User Interface) juga pada generasi ini
telah memberikan user interface yang sangat nyaman.
5. Generasi
Kelima(2000AN-Sekarang)
Pada generasi ini munculah
computer-komputer modern seperti Laptop atau Notebook
C.
Perangkat Lunak (software)
Software adalah istilah umum untuk data
yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer,
dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh
komputer.
Contoh
aplikasi Software : Ms. Word ,Ms. Excel ,Photoshop ,Flash ,Mozilla FireFox ,
Winamp ,dll.
Secara garis besar perangkat lunak
komputer juga masih dapat digolongkan menjadi 2 bagian, yaitu:
1).
Sistem operasi
Program
dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer.
Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas
sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di
atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi
software.
2).
Sistem Aplikasi
Perangkat
lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan
kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan
pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang
mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung
menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan
pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar
kerja, dan pemutar media.
D.
Pemanfaatan Komputer dalam Pendidikan
Kemajuan
teknologi modern khususnya yang berkaitan dengan kemajuan komputer, akhir-akhir
ini merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pembaharuan tidak hanya dalam
sektor bisnis, telekomunikasi, tetapi juga dalam dunia pendidikan. Dalam bidang
pendidikan, pemerintah dan masyarakat umum telah memberikan perhatian yang
mendalam tentang kemajuan teknologi modern ini. Sebab sangat disadari, peranan
dan fungsi teknologi dalam kemajuan dunia pendidikan. Teknologi dapat membantu
mencapai sasaran dan tujuan pendidikan sehingga proses belajar mengajar akan
lebih berkesan dan bermakna.
Kemajuan
teknologi modern dalam hubungannya dengan dunia pendidikan lebih dikenal dengan
multimedia. Dalam hal ini multimedia dianggap sebagai media pengajaran dan
pembelajaran yang berkesan berdasarkan keupayaannya menyentuh berbagai panca
indra: penglihatan, pendengaran, dan sentuhan. Munir, (2001) mengemukakan bahwa
multimedia adalah alat, metoda dan pendekatan yang digunakan untuk membuat
komunikasi di antara guru dengan peserta didik selama proses pembelajaran
menjadi lebih berkesan. Dalam hal ini Munir mengutif beberapa pendapat
berkaitan dengan pengertian multimedia. Sebagaimana pendapat Furht (1996)
mendefinisikan multimedia sebagai gabungan antara berbagai media: teks, grafik,
animasi, gambar, dan video. Sedangkan Haffos (Feldman, 1994) mengartikan
multimedia sebagai sistem komputer yang terdiri daripada hardware dan software
yang memberikan kemudahan untuk menggabungkan gambar, video, fotografi, grafik,
dan animasi dengan suara, teks, data yang dikendalikan dengan program komputer.
Sejalan
dengan itu, Bairley (Munir, 2001) mengemukakan bahwa multimedia adalah
teknologi baru yang dapat memberikan banyak manfaat ”pembangunan” kepada dunia
pendidikan, yaitu manfaat dari proses belajar yang dilaksanakan dengan cara
mengumpulkan bagian-bagian tertentu yang bermakna dari kehidupan peserta didik.
Manfaat lain adalah peserta didik yang terlibat dalam proses belajar melalui
program multimedia dapat mempelajari ilmu yang ada di dalamnya yang sesuai
dengan minat, bakat, keperluan, pengetahuan dan emosinya.
Penggunaan multimedia dalam proses pembelajaran, tidak berarti merupakan penentu keberhasilan belajar, sebab banyak faktor lain yang turut menentukan keberhasilan proses belajar di antaranya adalah motivasi belajar, keadaan social.
Penggunaan multimedia dalam proses pembelajaran, tidak berarti merupakan penentu keberhasilan belajar, sebab banyak faktor lain yang turut menentukan keberhasilan proses belajar di antaranya adalah motivasi belajar, keadaan social.
ekonomi
dan pendidikan keluarga, sistuasi pada asaat proses belajar, kurikulum dan
guru. DeVoogd & Kritt (Munir, 2001) mengemukakan bahwa multimedia tidak
mengajar sebab yang mengajar tetap saja guru. Dalam penggunaan media apabila
seseorang pelajar faham dan terampil, maka aktivitas akan berjalan dengan baik
dan berhasil menguasai bahan pelajaran dengan baik pula, sedangkan apabila
sebaliknya maka media tersebut bukannya mempermudah bahkan mungkin akan
menghambat keberhasilan.
Selain memiliki keistimewaan, pembelajaran berbantuan
komputer menurut Nasution (1994) mempunyai sejumlah keuntungan, di antaranya
adalah sebagai berikut.
1. Komputer dapat membantu peserta didik dan guru dalam pembelajaran, karena komputer itu, ”sabar, cermat, mempunyai ingatan yang sempurna”. Komputer sesuai sekali untuk latihan dan remedial teaching, mengingat tak ada guru yang dapat memberikan latihan tanpa jemu-jemunya seperti komputer.
1. Komputer dapat membantu peserta didik dan guru dalam pembelajaran, karena komputer itu, ”sabar, cermat, mempunyai ingatan yang sempurna”. Komputer sesuai sekali untuk latihan dan remedial teaching, mengingat tak ada guru yang dapat memberikan latihan tanpa jemu-jemunya seperti komputer.
2. Pembelajaran
berbantuan komputer memiliki banyak kemampuan yang dapat dimanfaatkan segera
seperti membuat hitungan atau mereproduksi grafik, gambar dan memberikan
bermacam-macam informasi yang tak mungkin dikuasai oleh manusia mana pun.
3. Pembelajaran
berbantuan komputer sangat fleksibel dalam mengajar dan dapat diatur menurut
keinginan perancang pengajaran atau penyusun kurikulum.
4. Pembelajaran
berbantuan komputer dan mengajar oleh guru dapat saling melengkapi. Apabila
komputer tidak dapat menjawab pertanyaan peserta didik, dengan sendirinya guru
akan menjawabnya. Ada kalanya komputer dapat memberi jawaban yang tak dapat
dengan segera dijawab oleh guru.
BAB II
Perkembangan Perangkat Keras
& Perangkat Lunak
A.
Pemahaman Komponen Perangkat Keras
Komponen Perangkat Input, Proses,
Output, Penyimpanan, dan Komunikasi Komputer - Komputer merupakan sebuah
alat yang sudah tidak asing lagi pada era modern sekarang, hampir seluruh
masyarakat di dunia memiliki perangkat ini, dimana perangkat ini sangat
membantu dan memudahkan dalam mengerjakan atau mengolah data dan kegiatan
lainnya. dimana komputer ini harus terdiri dari 3 komponen penting
yaitu Input, Proses, dan Output. Ketiga
komponen tersebut sangatlah penting dalam menjalankan sebuah komputer, jika
salah satu dari ketiga komponen tersebut tidak ada dalam komputer maka komputer
tidak akan bisa digunakan atau dijalankan. Selain ketiga komponen tadi, ada
juga ada komponen lainnya sebagai penambahan yaitu Penyimpanan dan Komunikasi dimana
komponen ini juga diperlukan dalam mengoperasikan komputer.
Input
Input atau masukan berfungsi sebagai media masukan dari luar komputer
ke dalam sistem komputer hingga dapat diproses. Perangkat Device dalam Input
terdiri dari :
§ Keyboard
§ Mouse
§ Joystick
§ Track Ball
§ Light Pen
§ OCR Scanner
§ Image Scanner
§ Bar Code Reader
§ Digitizer
§ Touch Screen
§ Video Player
§ Kamera
§ Voice Recognition
Proses
Proses/memproses
berfungsi sebagai mengolah data dari Input sebelumnya ( masukan ) kemudian
diproses sesuai aplikasinya dan nantinya mengeluarkan ( Output ) berupa
Informasi baik itu suara atau tampilan. Perangkat Device dalam Proses terdiri dari :
§ Processor
§ RAM ( Random Acces Memory )
§ Motherboard
§ VGA ( Video Graphic Array )
Output
Output/keluaran
yaitu keluaran dari hasil Pemrosesan Input yang berupa tampilan ataupun Suara. Perangkat
Device dalam Output terdiri dari :
§ Speaker
§ Printer
§ Monitor
§ Projektor
Penyimpanan
Media
penyimpanan berfungsi sebagai menyimpan berbagai macam data-data yang nantinya
data tersebut dapat disimpan dan dibaca di komputer. Perangkat Device dalam
Penyimpanan terdiri dari :
§ Disket
§ Hardisk
§ Flashdisk
§ CD-ROM
§ Optical Disk
§ SSD
§ Magnetic Tape
§ Cartridge
Komunikasi
Media
komunikasi merupakan komponen tambahan di dalam komputer yang fungsinya adalah
untuk berkomunikasi ataupun mencari sebuah informasi dengan menggunakan komputer. Perangkat Device dalam Penyimpanan
terdiri dari :
§ Network Card
§ Modem ( Modeulator Demodulator )
§ Midi Card
§ TV Card / TV Tunner
nah kira-kira itu dia pemaparan tentang Komponen Perangkat Input, Proses,
Output, Penyimpanan, dan Komunikasi Komputer dimana pada tiap-tiap
komponen terdiri dari berbagai macam alat yang nantinya dapat digunakan utuk
menjalankan komputer.
B.
Pemahaman Komponen Perangkat Lunak
Evolusi Perangkat Lunak
Setelah kita membahas rekayasa
perangkat lunak, kita sedikit mundur, untuk membahas evolusi perangkat
lunak. Pengembangan perangkat lunak dapat dibagi menjadi 4 tahap, yaitu :
Tahap Pertama (1950 – 1960)
Evolusi perangkat lunak tahap pertama dimulai pada awal 1950-an sampai
pertengahan 1960. Pengembangan perangkat lunak pada tahap pertama mempunyai
ciri-ciri berorientasi batch, distribusi softwareterbatas
untuk kalangan tertentu sehingga apabila ada perusahaan yang ingin
dibuatkan software khusus harus memesan terlebih dahulu.
Tahap
Kedua ( 1960 – 1970)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap Kedua dimulai pertengahan tahun 1960-an sampai awal tahun
1970-an. Pengembangan perangkat lunak mempunyai ciri-ciri multi
user. Pengguna dari software sudah banyak dan bisa
saling berbagi. Ciri ini menunjukkan ada perkembangan baru yaitu
interkasi manusia dan komputer (Human Computer Interaction).
Selain itu, ciri dari tahap kedua ini
adalah real time. Real Time disini adalah suatu kondisi dimana
sistem dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan data dari banyak
sumber kemudian mengatur proses serta menghasilkan output yang
diinginkan. Dalam tahap ini, sudah banyak juga paket perangkat lunak yang
beredar di pasaran serta muncul istilah database dalam perangkat lunak.
Tahap Ketiga (1970 – 1990)
Evolusi Perangkat Lunak tahap ketiga, dimulai pertengahan tahun 1970
sampai awal tahun 1990. Pengembangan perangkat lunak sudah maju
sedemikian pesat. Perangkat lunak sudah menggunakan sistem terdistribusi,
sehingga penyampaian informasi dari komputer sumber ke komputer tujuan
akan terasa sangat cepat. Dalam era ini, perangkat keras dari suatu
komputer harganya sangat murah. Selain itu, pesanan perangkat lunak sudah
sangat mendominasi dari penyelesaian suatu masalah sehingga penggunaan software pada
masa itu sudah sedemikian jauh.
Tahap Keempat (1990 – 2000)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap Keempat dimulai tahun 1990 sampai tahun 2000.
Pada tahap ini, perangkat lunak sudah mendominasi dari pengembangan perangkat
keras, sehingga perangkat keras dalam hal ini komputer sangat dikendalikan oleh
suatu sistem operasi. TIngkat kecerdasan dari perangkat lunak semakin
ditingkatkan sehingga perangkat lunak atau software dilatih mempunyai
kecerdasan seperti yang dimilik manusia. Terbukti dengan adanya penemuan
kecerdasan buatan, jaringan syaraf tiruan, sistem pakar dan logika fuzzy.
Jaringan komputer, pemrosesan komputer paralel sangat mendominasi pada era
ini. Dan, pada masa ini pula pemrograman sudah berorientasi obyek (OOP).
Klasifikasi Perangkat Lunak
1. Perangkat Lunak
Sistem
1.1 Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman Generasi Pertama Menggunakan Bahasa Mesin
dengan suatu rangkaian angka 0 dan 1.
-Bahasa Pemrograman Generasi Kedua Menggunakan Bahasa rakitan
(Assembler)
-Bahasa Pemrograman Generasi Ketiga Menggunakan Language
translator, kompiler dan interpreter
Contoh : Basic, Pascal,Fortran,C++,Cobol
-Bahasa Pemrograman Generasi ke empat Bahasa Non prosedural yang
memungkinkan seorang programmer menginstruksikan apa yang harus di lakukan komputer daripada
bagaimana melakukannya
1.2 Sistem Operasi
A.Sistem Operasi Berbasis Teks
Sistem operasi ini adalah sistem operasi yang masih berbasis dos
atau cmd, sistem operasi ini mulai berkembang pada generasi kedua dan dasar
dari pembuatan sistem operasi ini menggunakan bahasa assembly.
Macam – Macam Sistem operasi berbasis teks :
-Windows 95,97 dan 98
-Ms-DOS V.205, Ms-DOS V.3.0, Ms-DOS V.3.2
-Ms-DOS V.3.3, Ms-DOS V.4.0, Ms-DOS V.5.0
Macam – Macam Perintah Sistem operasi berbasis teks :
DIR,COPY,DEL,REN,MOVE,MD,CD,RD DLL
B. Sistem
Operasi Berbasis Grafis
Sistem operasi berbasis grafis atau biasa disebut GUI ini adalah
sistem operasi yang sudah menggunakan grafi user interface untuk mempermudah
user yang akan menggunakan nya, sistem operasi ini adalah pengembangan lanjut
dari sistem operasi berbasis teks.
beberapa sistem operasi berbasis grafis antara lain :
-windows 2000, windows xp,windows vista, windows 7, windows 8 dll
-linux ubuntu 14.04, linux bactrack,linux mint dll
-Mac Os 10.10 El Capitan, Mac Os 10.12 Sierra dll
Utility
Adalah program bantu yang bermanfaat untuk melakukan kegiatan
yang behubungan dengan sumber daya sistem. terdapat 2 macam utility yaitu:
-Utility Internal = utility yang terdapat di dalam os yang telah
diinstall
-Utility eksternal = Utility External adalah utility yang
bukan bawan Windows, harus menginstall terlebih dahulu.
Contoh dari Utility :
a. Back up
b. Character Map
c. Disk Cleanup
d. Disk Defragmenter
e. Files and Setting Transfer Wizard
f. Internet Explorerg. Scheduled Task
h. System Information
i. System Restore
2. Perangkat Lunak
Aplikasi
2.1 Aplikasi Office
Aplikasi office adalah perangkat lunak
yang berguna untuk mengerjakan tugas tugas tugas yang berhubungan dengan
presentasi, kata , angka bahkan yang berhubungan dengan database. ada berbagai
macam aplikasi office seperti :
-Microsoft word
-Microsoft Excel
-Microsoft Powerpoint
-Microsoft Access
2.2 Aplikasi
Multimedia
Multimedia diambil dari kata multi dan
media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia
adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan
animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga
mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia
dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio
atau video, teks, grafik dan animasi.
Macam – Macam aplikasi multimedia :
A.Media Player
Perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan atau memainkan
audio atau video.
Contoh : Windows media player,winamp,real player, windows media
classic
B.Audio/Video Editor
Perangkat lunak yang digunakan untuk memanipulasi atau mengedit
informasi yang berupa video atau audio.
Contoh : adobe premiere pro, windows movie maker,gimp
C.Image viewer
Perangkat lunak yang digunakan untuk melihat informasi yang
berupa gambar.
Contoh : acdsee,xnview
2.3 Aplikasi Internet
Aplikasi internet adalah suatu aplikasi yang berhubungan dengan
jaringan dan digunakan untuk mencari suatu informasi lain nya.
-WWW
WWW (World Wide Web) yaitu dokumen-dokumen internet yang
tersimpan di server-server yang ada di seluruh dunia. Dokumen web ini dibuat
dengan memakai format HTML.
-E- Mail
E-mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet yang di
prgunakan untuk komunikasi surat-menyurat dalam bentuk komunikasi elektronik.
Ada situs yang memberikan layanan e-mail seperti yahoo! Dan Gmail,dan masih
banyak lagi yang lainnya
-Ping
Ping adalah aplikasi internet atau juga bias di sebut
Packet Internet Gopher yang sering dipakai untuk mengetaui apakah komputer yang
anda pakai terhubung dengan komputer lain di internet.
-Mailing List
Mailing List atau Milis adalah sebuah aplikasi internet yang dipergunakan
sebagai sarana komunikasi diskusi atau bertukar informasi dalam bentuk kelompok
melalui e-mail.
http://dyhancrspo.blogspot.com/2016/09/sejarah-perkembangan-sistem-informasi.html
http://riosubektibelajar.blogspot.com/2018/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar